Selasa, 07 Januari 2014

Karakteristik Gerak Dasar Senam

Assalamualaikum Wr Wb...
Selamat datang lagi...
Kali ini kita akan membahas Karakteristik gerak dasar senam yang sebelumnya telah diketahui bahwa ketrampilan senam selalu dibangun di atas keterampilan dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif.

1. Keterampilan Lokomotor.
Singkatnya lokomotor adalah gerak berpindah tempat. contohnya jalan, lari, lompat dll. Dalam senam Gerak lokomotor merupakan gerakan yang utama karena sangat diperlukan untuk menambah momentum horizontal, seperti berlari pada saat melakukan awalan.

Melatih macam-macam keterampilan lokomotor dalam pelajaran senam, akan sangat berguna dalam menanamkan dasar pembentukan keterampilan senam. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus dari guru agar macam-macam gerak lokomotor bisa diajarkan.

2. Keterampilan Nonlokomotor
Keterampilan Nonlokomotor adalah gerak yag tidak berpindah tempat, mengandalkan ruas-ruas persendian tubuh untuk membentuk posisi-posisi yang berbeda dengan tetap tinggal di satu titik. contohnya : melanting, memilin, meliuk dll.

Dalam senam keterampilan nonlokomotor banyak dipakai dalam gerak-gerak kalastenik, terutama yang berkaitan dengan pengembangan kelentukkan. untuk mengambil manfaat yang optimal dai gerak-gerak nonlokomotor ini, pelajaran senam perlu memanfaatkannya untuk melatih atau mengembangkan kelentukkan dan keseimbangan. banyak variasi yang bisa dilkukan,baik dilakukan secara perorangan maupun berpasangan.

3. keterampilan manipulatif
Keterampilan Manipulatif diartikan sebagai kemampuan memanipulasi objek tertentu dengan anggota tubuh: tangan, kaki, atau kepala. keterampilan yang termasuk kedalamnya diantranya adalah menangkap, melempar, memukul, menendang, mendribling, dsb. 


Oke deh. segitu aja pembahasan hari ini semoga bermanfaat !!! (O'_'o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar