Kamis, 26 Desember 2013

Mengenal 3 Unsur Senam


Assalamulaikum Wr Wr

        Hai hai. setelah kemaren kita membahas pengertian senam yang terdiri dari 3 unsur yaitu Tumbling, Calesthenic dan akrobatik. kali ini kita akan membahas ketiga unsur tersebut.
1. Tumbling
          Yang pertama kita bahas pengertian dari  Tumbling. dalam pengertian sekarang, kata tumbling dan akrobatik sering di tukar atau terbalik, sehingga dianggap tidak ada perbedaan di antara keduanya. Padahal, tumbling dan akrobatik memiliki arti ketangkasan dalam arti yang berbeda, 
          Tumbling mempunyai arti gerakan yang cepat dan eksplosif dan merupakan gerak yang pada umunya dirangkaiakanpada saru garis lurus. ciri-ciri gerakan tumbling: adanya unsur melompat, melayang bebas diudara dan dilakukan dengan cepat. contohnya gerakan kip. handspring, atau salto.
Tumbling berasal dari kata tombolon  (Italia), tommelen (belanda), dan tomber (prancis) yang memiliki arti melompat disertai melenting dan berjungkir balik secara berirama.

2.  Calesthenic 
         Calesthenic berasal dari bahasa yunani (Greka), yaitu kalos yang artinya Indah dan Stenos yang artinya kekuatan. Dengan Begitu Calesthenic bisa diartikan sebagai memperindah tubuh melalui latihan kekuatan. yang mempunyai maksud bahwa suatu latihan tubuh (baik memakai alat maupun tanpa alat) untuk meningkatkan keindahan tubuh.
        Dalam Bahasa Indonesia Calesthenic Disebut sebagai Kalestenik yang mempunyai arti sebagai ekgiatan atau latihan fisik untuk memelihara atau menjaga kesegaran jasmani (senam pagi, senam kesegaran jasmani), meningkatkan kelentukkan dan keluwesan (senam wanita, misalnya), serta memelihara teknik dasar dan keterampilan (misalnya untuk petinju atau pemain sepakbola).

3. Akrobatik.
       Akrobatik biasa diartikan sebagai keterampilan uang pada umumnya menonjolkan flesibilitas gerak dan balansing (keseimbangan) dengan gerakan yang agak lambat. Contoh chestroll, walkover backover dsb.

(Sumber Bacaan = Senam: Teori dan Praktek. Drs. Agus Mahendra, MA)

Ok deh segitu aja penjelasa dari blog ini lebih dan kurang mohon diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar